Pentingnya Pelibatan Keluarga pada Pendidikan di Sekolah - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Jumat, 31 Januari 2020

Pentingnya Pelibatan Keluarga pada Pendidikan di Sekolah


Oleh: Hj. Niken Zulkieflimansyah

Tanggung jawab Pendidikan anak sejatinya ada di pundak orang tua, yang tidak serta merta hilang ketika anak sudah memasuki bangku sekolah. Keluarga atau orang tua selalu diperlukan dalam mendampingi pendidikan anak-anak di sekolah.

Sinergitas pendidikan antara keluarga, sekolah dan masyarakat semestinya berjalan dengan harmonis dan beriringan.

It takes a village to raise a child. Diperlukan (keterlibatan) satu desa untuk membesarkan seorang anak. Sebuah peribahasa Afrika yang artinya adalah bahwa seluruh komunitas masyarakat harus saling berinteraksi agar anak dapat tumbuh dan berkembang di lingkungan yang aman dan sehat.

Bersama Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah,  telah meninjau dan  mencanangkan Sekolah Bersih Sehat dan Pelibatan keluarga pada pendidikan di Sekolah. Dimulai dari sekolah negeri tingkat SMS, di lima SMAN di Lombok Barat (Lobar), yang selanjutnya dilanjutkan di seluruh Provinsi NTB.

Partisipasi keluarga, di antaranya, dalam bentuk Kelas Parenting (parenting class) untuk orang tua, Kelas Inspirasi dari orang tua utk anak-anak sekolah, dukungan orangtua pada kegiatan pendidikan di sekolah, dan Forum Orangtua sebagai sarana berbagi (sharing) pengalaman dan ide-ide kontributif bagi pendidikan anak di sekolah.

Anak belajar, guru belajar dan orangtua belajar, mengarahkan kita semua menjadi learning society. Masyarakat yang selalu belajar agar hari ini lebih baik daripada kemarin, dan esok lebih baik daripada hari ini.

Kita semua tentu berharap, sekiranya hal ini segera dapat ditiru dan dilaksanakan di seluruh sekolah di semua jenjang, se-NTB untuk menyongsong NTB Gemilang. Semoga.

***Hj. Niken Zulkieflimansyah adalah Ketua PKK NTB

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done