ROAKAWA, TEMPAT KATA DAN KOPI MENYATU - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Kamis, 23 Januari 2020

ROAKAWA, TEMPAT KATA DAN KOPI MENYATU


SUMBAWA – Pagi itu (22/01) Jalanan Sumbawa begitu ramai. Gemuruh atribut bersama senyuman dan canda sepanjang jalan terdengar damai. Bagaimana tidak, selain karena hari itu merupakan hari jadi Kabupaten Sumbawa yang ke-61, Masyarakat Sumbawa juga kedatangan Nisa Sabyan yang terkenal dengan kemerduan suaranya diiringi musik ber-gendre gambus.

 
Selama di Sumbawa, Tim Sinergi NTB tidak lupa memanjakan diri dengan berbagai kuliner yang ada di Sumbawa. Dari Soto, Permen Susu, hingga menikmati Poteng Jadi di Desa Penyaring sebelum menikmati Sunset di Seaside Beach, Ai Loang, Ai Lemak, Ai Bari’ hingga ke Tanjung Menangis.
Kami bersama teman tim tentunya tidak mau melewati waktu selama di Sumbawa. Selepas isya, kami memutuskan berjalan kaki mencari tempat kongkow yang asyik dan dekat penginapan.   Awalnya kami berkeliling dan singgah di Taman Mangga dekat kantor Bupati Sumbawa sekedar menikmati segelas minuman dingin.

Belum lama di Taman Mangga, salah seoranag sahabat mengirimkan pesan whatasapp berupa foto. Sebuah foto tentang suasana asyik di salh satu coffeshop di Sumbawa di mana dia berada. Tanpa menunggu lama, kami pun memutuskan menemuinya. Kebetulan coffeshop tersebut berada di Gang Mangga 1 yang hanya memakan waktu 2 menit berjalan kaki dari Taman Mangga. ROAKAWA begitu orang-orang menyebut tempat nongkrong tersebut.

(Dok. fb Roakawa) H. Johan Rosihan - Anggota DPRRI usai mengisi acara "Laong Pantar" di ROAKAWA Coffee shop
Setibanya di sana, kami melihat begitu ramai roda dua maupun roda empat telah parkir rapi sepanjang 30 meter di sepanjang gang mangga dekat lokasi ROAKAWA. Satu menit berdiri di gerbang Coffeshop untuk melihat-lihat tempat duduk dan meja yang akan kita pilih untuk mencicipi kopi, namun terlihat sudah tidak ada lagi yang kosong. Hampir semua orang fokus mendengarkan salah seorang yang saat itu menjadi keynote speaker LAONG PANTAR, "iya.. LAONG PANTAR adalah salah satu program andalan ROAKAWA" papar salah seorang yang hadir.

Tidak lama kemudian, salah satu Pelayan ROAKAWA  menghampiri kami dan mengajak kami masuk untuk melihat-lihat menu kopi yang mereka suguhkan di BAR Coffeshop, sementara dia menyiapkan meja di tempat yang strategis. Menurut Rian, Barista sekaligus manager ROAKAWA, cita-cita ROAKAWA sesungguhnya adalah untuk mengangkat kopi lokal dan produk lokal lainnya dari Sumbawa, dimana ke depan akan bermitra dengan BUMDes sebagai tempat pemasaran produk lokal desa. “sudah ada beberapa BUMDes yang mengirim produknya kepada kami untuk dititip di ROAKAWA” akunya sambil meminta tim Sinergi NTB mencicipi Ketabang Sawang, Roti Bala Kuning, Pisang Barat Siwa dan beberapa minuman khas ROAKAWA.



Kami pun duduk bergabung dan mengikuti LAONG PANTAR yang saat itu diisi oleh tokoh muda Sumbawa dan merupakan Presiden Direktur sekaligus CEO Borsya Cipta Communica, Borys Syaifullah. Kami cukup tercengang melihat hampir semua peserta tidak ada yang memegang HP ataupun laptop. Di setiap meja kita hanya melihat kopi dan menu dari ROAKAWA serta keseriusan peserta mengikuti aliran diskusi.

Kami bahkan melihat beberapa tokoh-tokoh legislatif yang aktif hadir di situ. Misalnya Syaifullah. Anggota Dewan dari PKS yang sekaligus sebagai ketua komisi I mengakui bahwa di ROAKAWA terjadi pertukaran informasi dan pengetahuan terbaru seputar Sumbawa, dari politik, ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Di Sini (ROAKAWA, red) bahkan saya bertemu dan bertukar pikiran dengan seluruh elemen masyarakat, dan terbantu memikirkan Sumbawa tanpa memandang warna. jelasnya pada Sinergi NTB.

Bapak Syaifullah, Anggota Dewan dari PKS sekaligus ketua Komisi I DPRD Sumbawa saat menikmati produk lokal Sumbawa di ROAKAWA


Bapak Borys Syaifullah (Baju Merah) seusai mengisi Laong Pantar dan berdiskusi dengan beberapa Tamu ROAKAWA

Berbeda dengan tempat nongkrong yang sebagian besar tamu terlihat sibuk dengan gadget dan laptop.  Di ROAKAWA terlihat lebih fokus pada konsep kopi dengan suguhan knowledge, diskusi, dan kata. Menurut pengakuan beberapa tamu, bahwa ROAKAWA yang  genap sebulan dibuka tersebut selalu memberikan update informasi terbaru tentang Sumbawa bahkan NTB. “di Roa Kawa kami melihat Kopi dan Kata menyatu sebagai pengetahuan baru” jelas salah seorang pengunjung kapada kami (emzko)


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done