Sambut Edaran Gubernur NTB, HIMMAH NW Lotim dan BPS Lotim Teken MOU Sensus Online - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Senin, 17 Februari 2020

Sambut Edaran Gubernur NTB, HIMMAH NW Lotim dan BPS Lotim Teken MOU Sensus Online



BPS melakukan terobosan besar untuk sensus penduduk tahun 2020. Kegiatan yang dilakukan setiap sepuluh tahun sekali ini, kini dilaksanakan secara online.

Senin (17/2/2020), Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd., melaksanakan sensus penduduk online di ruang kerjanya. Bersama beberapa pejabat dari BPS NTB yang hadir mendampingi, ia juga mengajak seluruh masyarakat NTB bisa berpartisipasi dan menyukseskan kegiatan pengumpulan data demografi ini.

Menurutnya, sensus penduduk tahun 2020 menawarkan sistem yang sangat mudah. Pasalnya sensus penduduk ini menggunakan sistem online yang bisa diakses melalui handphone android dan dilakukan kapan saja dan dimana pun, dengan durasi waktu sekitar 15 menit untuk setiap rumah tangga.

"Warga NTB harus ikut berpartisipasi sensus penduduk online, karena caranya sangat mudah," ajaknya.



Sesuai surat edaran Gubernur NTB Nomor 371 tahun 2019 yang ditujukan kepada bupati/walikota se-NTB, pimpinan OPD lingkup Pemerintah NTB, lembaga vertikal lainnya serta tokoh masyarakat, untuk ikut mendukung dan berperan aktif pada setiap tahapan kegiatan sensus penduduk 2020. Terutama untuk menghimbau seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dalam kegiatan sensus penduduk online dengan cara mengakses website: sensus.bps.go.id dan memberikan jawaban benar dan apa adanya.

Sementara itu, menyambut surat edaran Gubernur tersebut, DPC HIMMAH NW Lombok Timur bergerak cepat membantu pemerintah dalam mensukseskan program sensus online tersebut. Bersama BPS Lombok Timur, organisasi  mahasiswa ini menandatangi nota kesepahaman (MoU) pertanggal 13 Februari 2020, di Kantor BPS Lotim.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Kepala BPS Lotim, Drs. M. Saphoan, bersama Ketum DPC HIMMAH NW Lotim Muh. Azhari Wathani.

Kedua pihak berkomitmen untuk membangun kerjasama dalam rangka sosialisasi dan pendampingan Sensus Penduduk Online (SPO) yang akan diselenggarakan mulai 15 Ferbruari sampai 31 Maret 2020 mendatang.

Adapun salah satu poin kerjasama tersebut yaitu bersinergi dan berupaya untuk suksesi SPO 2020. "Kami ingin berbuat, mengajak banyak pihak untuk ikut serta sebagai relawan dalam agenda penting pemerintah, terlebih ini menyangkut pembangunan yang berkelanjutan", ujar Azhari usai penandatanganan MoU.

Pihak BPS menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif generasi muda yang perduli dengan upaya pembangunan.


"Kami optimis, "amunisi" dari HIMMAH NW memberikan energi baru dan semangat untuk mensukseskan Sendus Penduduk 2020 baik yang dilaksanakan secara online maupun langsung", ujar Saphoan.

MoU tersebut berlaku selama dua bulan yaitu selama pelaksanaan sensus penduduk online. Selain itu pihak BPS akan melakukan bimbingan teknis bagi para relawan yang ingin ikut andil sebelum terjun ke lapangan.

"Hasil kegiatan ini ditunggu banyak pihak, semoga mampu membantu upaya pembangunan daerah dengan menyediakan data yang berkualitas" Harap kepala BPS.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done