BI NTB Sosialisasi QRIS untuk kemerdekaan transaksi - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Sabtu, 14 Maret 2020

BI NTB Sosialisasi QRIS untuk kemerdekaan transaksi



SINERGINTB.COM, MATARAM - Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB hari ini menggelar Sosialisasi aplikasi yang merupakan terobosan dalam Sistem Pembayaran di Indonesia bernama Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS), bertempat di Monumen Bumi Gora Udayana Mataram, Ahad (15/03/20) pagi.

Di lokasi acara, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) NTB, Achris Sarwani, menyampaikan bahwa QRIS ini dihajatkan untuk kemerdekaan transaksi pembayaran oleh masyarakat, apapun merchant-nya (exm linkaja, dompetku, ovo, danaku, etc.) cukup dg scan QRIS melalui smart phone masing masing, maka dapat langsung bertransaksi.

"Kalau sebelumnya tiap merchant punya masing masing barcode untuk transaksi, sekarang tidak perlu lagi. Karena QRIS siap berhadapan dengan merchant apapun, khususnya merchant elektronik yang berbasis server," ujar Sarwani.


Pada kegiatan tersebut, Kepala Perwakilan bersama seluruh tamu undangan menyempatkan untuk meninjau seluruh tenant yang terlibat dalam acara, baik dari perbankan dan UMKM yang seluruh transaksinya telah menggunakan QRIS. Tampak terlihat di beberapa tenant para pejabat melakukan transaksi dengan QRIS.

Lebih lanjut, Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah KPW BI NTB, Rachmat Riyanto, menegaskan bahwa sejak tanggal 1 Januari 2020, BI mewajibkan seluruh merchant yang menerima pembayaran dengan metode scan-QR, wajib memiliki QR terstandar nasional atau disebut dengan QRIS (QR Code INdonesian Standard).

QR yang telah distandarisasi secara nasional ini, papar Riyanto, dapat diakses/di-scan oleh berbagai jenis aplikasi uang elektronik berbasis server dari PJSP yang berbeda.

Dengan demikian, transaksi dapat dilakukan tanpa harus memiliki akun tertentu, dapat menggunakan akun uang elektronik manapun. Dengan QRIS UNGGUL transaksi lebih universal, lebih gampang, lebih untung dalam manfaat, serta seluruh transaksi dapat Langsung termonitor.

"Mari seluruh warga NTB dimana pun berada gunakan QRIS dalam setiap transaksi pembayaran anda :"Silaq Kadu QRIS" ; "Silamo Kenang QRIS" ; "Mai Ta Kani Mena QRIS", tutupnya diaplaus tamu undangan.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done