Komitmen Bantu Modernisasi, Bank Sampah NTB Tuai Berkah Kunjungan Dadakan Menteri LBP - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Jumat, 06 Maret 2020

Komitmen Bantu Modernisasi, Bank Sampah NTB Tuai Berkah Kunjungan Dadakan Menteri LBP



SINERGINTB.COM, MATARAM - Bank Sampah Bintang Sejahtera (BSBS) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merasa ketiban durian runtuh. Mereka kedatangan tamu istimewa, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (LBP) beserta rombongan.

Kedatangan LBP terbilang mendadak dan tidak dijadwalkan sebelumnya. Inisiatif kunjungan dadakan ini berawal dari pertemuan tak disengaja dan obrolan santai dengan Direktur BSBS, Syawaludin, yang kebetulan sama-sama menghadiri acara puncak Hari Peduli Sampah Nasional 2020 di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jum'at pagi (06/03).

Dengan Jet pribadi, LBP dan rombongan langsung meluncur ke Lombok mengujungi Kantor Produksi BSBS sebelum mereka melanjutkan agenda kunjungan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah.

Didorong rasa penasaran, Menteri LBP lebih jauh ingin mengetahui pola kerja bank sampah-bank sampah di NTB. Ia mengakui begitu terkesan akan pola bank sampah yang diintegrasikan dengan penerapan waste management dengan konsep circular economy-nya yang dijelaskan oleh para pengurus BSBS dan Asosiasi Bank Sampah lainnya.

Menteri LBP memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap kinerja BSBS NTB dan semua jaringan Asosiasi Bank Sampah yang ada di NTB saat ini. Bentuk komitmen dan keseriusannya, pria bermarga Panjaitan ini, hendak membantu pengembangan bank sampah di NTB ke depan.

Tak lupa, dengan sedikit berapi-api, LBP membangkitkan semangat pantang menyerah dan mendorong para pengelola para pihak yang terlibat dalam pengelolaan sampah untuk terus berkarya, seperti BSBS NTB dan lainnya. "Yang seperti ini yang seharusnya dibantu," tegasnya disambut tepuk tangan para pengurus.

Di samping itu, Menteri LBP  juga mengatakan akan siap membantu untuk memodernisasi dan memambahkan teknologi mesin sebagai upaya mempercepat dan mengefektifkan pengelolaan sampah yang ada. "Kalian hebat dan luar biasa," tutup orang dekat Presiden Republik Indonesia ini..


Termotivasi, Pengurus Bintang Sejahtera Semakin Semangat Berkarya

Di tempat yang sama, Zulkifli, pengurus Bank Sampah Unit (BSU) Karya Sejahtera, Desa Sepakek, Lombok Tengah, yang juga hadir di lokasi kunjungan, mengimpresi secara mendalam kehadiran Menko Kemaritiman dan Investasi tersebut

“Walau waktunya begitu singkat namun kunjungan Bapak Menteri cukup berkesan dan tentunya menambah semangat kami dan kawan-kawan Bank Sampah di NTB untuk terus berkarya dan berinovasi,” tuturnya penuh semangat.

Sementara itu, di tempat terpisah, Direktur BSBS NTB, Syawaludin, yang dihubungi Sinergi NTB via Whatsapp, menyatakan rasa terima kasihnya yang mendalam atas kedatangan LBP dan rombongan. 

“Ini merupakan semangat bagi kami para penggerak Bank sampah yg tergabung dalam asosiasi bank sampah NTB,” jawabnya dari lokasi acara Hari Peduli Sampah Nasional 2020, di Labuan Bajo.

Setelah mendapatkan informasi terkait hasil kunjungan LBP dan rombongan ke kantor produksi bank sampah yang dipimpinnya, Syawal mengatakan makin termotivasi untuk terus memperjuangkan program pelestarian lingkungan dan target NTB Bebas Sampah (NTB Zero Waste) yang dicanangkan gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah.  

“Kami berada di barisan gerakan Indonesia Bersih dan NTB Zero Waste. Dengan ini semoga semangat teman2 makin kencang berlari menembus halangan dan rintangan. Yg penting kita terus bekerja. Dan, sekali lagi, saya berterimakasih walaupun saya tidak sempat ikut menyambut beliau (LBP, red), kesiapan teman Asosiasi Bank sampah luar biasa. Teman-teman Asosiasi Bank sampah saya sampaikan, mereka semua memang luar biasa," imbuhnya menjawab Sinergi NTB.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done