Aura Positif Industrialisasi Lokal NTB di Masa Pandemi - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Rabu, 15 April 2020

Aura Positif Industrialisasi Lokal NTB di Masa Pandemi


Oleh: Aan Hermanto
(Aktifis dan Pegiat Lingkungan)

Self distancing dan lockdown berpengaruh besar terhadap tatanan ekonomi Indonesia.
Berbagai macam kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah agar Virus Corona alias Covid-19 tidak menyebar terlalu luas.

Konsekwensi sebuah keputusan dan kebijakan perang terhadap Corona,tentunya sangat berimbas pada tatanan ekonomi yg semakin terpuruk.

Peran pemerintah pusat, kepala daerah tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, sampai di tingkat desa, harus persuasif dalam menghadapi gejolak-gejolak ekonomi yang terjadi saat ini.


Upaya pemerintah dalam memaksimalkan penyaluran anggaran dan bantuan sosial lainnya, sangat berdampak pada tatanan ekonomi umat.

Khususnya NTB, berbagai langkah yang diambil oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, dalam mensiasati kemelut krisis ekonomi akibat virus berbentuk mahkota ini memberi aura positif dalam menggalakkan industrialisasi lewat peran usaha kecil menengah (UKM), usaha mikro kecil menengah (UMKM) bidang lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) misalnya.

Tentu dengan gerakan dan langkah masif, gubernur tetap pada koridor menjalankan visi misi NTB Gemilang. Sehingga, industrialisasi yang kita harapkan maju dan berkembang di NTB.


Home industry alias industri rumahan menjadi salah satu alternatif pemerintah provinsi (Pemprov) NTB dalam penyaluran bantuan  sosial untuk masyarakat. Dengan demikian, program-program NTB Gemilang semakin nyata di tengah kita memerangi Virus Corona.

Semoga langkah dan kebijakan yang dilaksanakan oleh pemrov, mendapat respon positif dari masyarakat NTB. Seraya  tetap selalu kreatif, inovatif dan produktif dalam menata tatanan ekonomi untuk kesejahteraan umat.

Tetap sehat dan waspada. Semoga berjalan sesuai harapan kita semua.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done