Menuju Karantina Bathin (Menjelang Bulan Ramadhan) - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Rabu, 01 April 2020

Menuju Karantina Bathin (Menjelang Bulan Ramadhan)



Oleh: Yudistira Adi Nugraha

Semenjak adanya wabah covid-19, pola aktifitas dan pergerakan sebagian penduduk dunia dipaksa berubah dengan kebijakan-kebijakan jaga jarak interaksi (social distancing) dan karantina wilayah (semi lockdown) dalam rangka meminimalisasi dampak penyebaran virus.

Sebagai mukmin kita meyakini, bahwa tidak ada satupun kejadian yang sia-sia. Semua terjadi atas izin dan kehendak Allah, dan pada pengaturan waktu yang tepat (tidak ada yang kebetulan).

Adapun alasan kenapa Allah izinkan keadaan yang terjadi hari ini bertepatan dengan bulan-bulan mulia Islam, yaitu Rajab - Syaban - Ramadhan. Ini sesuatu yang menarik dan sudah semestinya menjadi bahan perenungan kita bersama.

Sebagaimana kita ketahui Rajab adalah bulannya Allah, Syaban adalah bulannya Rasulullah, dan Ramadhan yang sebentar lagi akan kita masuki, adalah bulannya umat Rasulullah.

Semoga kita mampu berbaik sangka kepada Allah dan menganggap bahwa apa yang terjadi hari ini, merupakan sebuah simulasi untuk membantu pengkondisian hati menuju isolasi diri yang lebih haqiqi (karantina bathin).

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done