Momentum Hari Kartini, Bunda Niken Semangati Perempuan Kuat dan Mandiri di Masa Pandemi - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Selasa, 21 April 2020

Momentum Hari Kartini, Bunda Niken Semangati Perempuan Kuat dan Mandiri di Masa Pandemi


SINERGINTB.CM, MATARAM - Di tengah wabah virus corona atau covid-19, peran perempuan diharapkan mampu saling menguatkan serta gotong royong dalam upaya menghentikan dan memanimalisasi penyebaran virus tersebut di tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Nusa Tenggara Barat, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, dalam acara wawancara khusus hari kartini NTB Selasa (21/04/20) kemarin.

Meskipun perayaan hari Kartini tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, papar Niken, namun semangat Kartini harus tetap sama agar kita mampu mengimplementasikan ditengah masayarakat terutama sikap saling menguatkan, kerjasama, serta patuh pada aturan pemerintah maupun ulama.

Menurut istri Gubernur NTB ini, ada  banyak hal yang bisa dilakukan oleh para srikandi NTB khususnya di masa pandemi. Di antaranya, mulai dari hal kecil seperti mengimplementasikan PHBS dan LBS di tengah keluarga, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar kondisi tubuh tetap vit dan prima, perbanyak minum air putih, serta memperbanyak konsumsi makan buah dan sayur. Ini adalah salah satu ikhtiar agar raga kita mampu melawan virus dan tidak mudah menyerang tubuh.

Selain itu, ulas perempuan yang juga akrab disapa Bunda Niken ini, untuk saling menguatkan satu sama lain di tengah pandemi, perempuan bisa menjadi pelopor bahkan menjadi mitra kerja pemerintah untuk terus mengkampanyekan dan mengedukasi masyarakat agar tetap menggunakan masker bila keluar rumah, rajin mencuci tangan, serta menjalankan SOP untuk menangkal supaya virus tidak gampang masuk ke dalam tubuh.

"Perempuan di masa depan harus tetap berdaya guna bagi masyarakat dan keluarga. Semangat ini sebagai cerminan perjuangan R.A Kartini yang menginginkan perempuan-perempuan Indonesia menjadi mandiri dalam segala hal", ujar Bunda Niken.

Niken menjelaskan, tahun-tahun sebelumnya kegiatan perayaan hari Kartini biasanya diisi dengan kegiatan lomba seperti memasak, fashion show dsb. Namun tahun ini, kegiatan tersebut tidak dapat dilaksanakan karena kondisi pandemi.

"Oleh karena itu saya mengajak seluruh perempuan NTB kita dapat mengalihkan kegiatan tersebut dalam bentuk bakti sosial seperti pengumpulan dana, pembagian sembako, pembagian masker dll sebagai langkah nyata dan abdi kita kepada masyarakat. Dengan melaksanakan kegiatan demikian masyarakat dapat merasakan bahwa kita ada dan hadir untuk mereka terutama di masa-masa sulit seperti ini," sambung perempuan murah senyum ini.

Niken juga menyampaikan, sejak awal wabah virus corona ada di NTB, TP PKK NTB telah melakukan berbagai kegiatan yang dikemas dalam satu tema besar yakni "Gerakan PKK Melawan Corona." Giat ini, lanjutnya, adalah sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi masalah covid-19.

Kegiatan tersebut dikemas seperti melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait cara penularan serta pencegahan virus corona baik yang dilakukan secara langsung maupun kampanye di media sosial PKK (Instagram, Facebook, dan Website), pembagian masker dan hand saniter untuk masyarakat yang berobat ke puskesmas dan masyarakat yang beraktivitas di pasar, memberikan dukungan kepada tim medis berupa parcel buah,vitamin dan kue sebagai ungkapan terima kasih.

Hj. Niken menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bahu dan bekerjasama melawan virus corona ini. Dengan harapan wabah ini segera berkahir dan masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasanya.

"Harapan saya, momentum hari ini, semua elemen masyarakat khusus perempuan-perempuan di NTB agar tetap saling menguatkan, dan meyakinkan satu sama lain bahwa kepedulian kita semua dapat menyelamatkan kita dari virus ini dan semuanya akan berakhir", tutupnya mengakhiri wawancara.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done