Minyak Kayu Putih dan Pengarusutamaan Usaha Lokal NTB sebagai Bentuk Keberpihakan Industrialisasi Berbasis Masyarakat - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Sabtu, 02 Mei 2020

Minyak Kayu Putih dan Pengarusutamaan Usaha Lokal NTB sebagai Bentuk Keberpihakan Industrialisasi Berbasis Masyarakat


SINERGINTB.COM, MATARAM - Pemprov NTB telah mewujudkan industrialisasi di bidang kehutanan. Diketahui, sebanyak tiga pabrik minyak kayu putih telah hadir di Pulau Lombok dan Sumbawa.

‘’Sudah ada tiga unit pabrik minyak kayu putih yang berada di KPH. Di Lenangguar dekat Klui dan Bentek KLU. Satu lagi di KPH Batulanteh Sumbawa,’’ sebut Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB Najamuddin Amy S.Sos, MM, Sabtu (2/5/2020) saat ditemui di ruang kerjanya.

Disebutkan Najam, NTB saat ini memiliki tiga industri minyak kayu putih yang membuktikan   NTB mampu bergeliat dalam ranah industrialisasi berbasis masyarakat. Masuknya item minyak kayu putih masuk dalam paket Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang, sekaligus merupakan bentuk political will alias sikap keberpihakan pemprov NTB terhadap kesejahteraan masyarakat melalui program pemberdayaan dan pengarusutamaan usaha lokal.

"tentunya masyarakat yang terlibat dalam industri ini bisa sejahtera, ini adalah  kebanggaan produk lokal kita," ujar Najam optimis.

Ini juga sesuai dengan kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB. Di mana, isi paket bantuan sembako JPS Gemilang menggunakan produk-produk industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil menengah (UKM) lokal di NTB.

Semua ini bertujuan untuk menggairahkan para petani dan menggerakkan IKM/UMKM lokal agar tetap berproduksi di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

‘’JPS Gemilang menggunakan produk lokal, kita tidak pesan dari luar daerah, karena sebenarnya petani, IKM dan UMKM kita mampu memproduksinya. Otomatis, perekonomian kita juga akan bergairah di NTB " jelas Najam.

Khusus untuk minyak kayu putih, dari uji laboratorium oleh Balai BPOM, minyak kayu putih NTB adalah kualitas super dengan kadar Sineol 68%. Hal itu masuk dalam kategori SNI 354 : 2014 yang merupakan level super. Artinya produk kayu putih di NTB menjadi salah satu kualitas terbaik di Indonesia.

Menurut Najam, potensi pengembangan minyak kayu putih cukup besar di NTB.

"Hadirnya industri minyak kayu putih ini akan menjamin kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, pemerintah hadir dan JPS Gemilang adalah salah satu ikhtiar pemerintah dalam menghidupkan sektor Industri tersebut," terangnya.

Dansir dari berbagai sumber, minyak kayu putih memang memiliki banyak manfaat. Minyak kayu putih dapat meredakan masalah pernapasan, mengurangi sakit kepala, mengatasi gejala pilek, meringankan nyeri sendi dan otot, menjaga keaehatan gigi serta bisa menjadi  aromaterapi.

Manfaat lainnya juga bisa dirasakan dari seluruh kalangan usia. Mulai bayi, anak2, remaja, orang dewasa dan para lansia. Alangkah membanggakannya jika yg kita pakai adalah hasil dari ukm/ikm saudara2 kita di NTB.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done