Gubernur NTB Apresiasi Program Kotaku Berjalan Sangat Bagus - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Rabu, 19 Agustus 2020

Gubernur NTB Apresiasi Program Kotaku Berjalan Sangat Bagus

 

SINERGINTB.COM, Nusa Tenggara Barat - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, mengapresiasi Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) dalam penanganan kumuh di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 
 
Dalam silaturrahmi dan audiensi Tim OSP (Oversight Provider) 5 Kotaku Provinsi NTB pada Selasa (11/08/20) yang lalu, Gubernur yang akrab disapa Bang Zul tersebut menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap penanganan kumuh yang dilakukan Kotaku di Kabupaten/Kota di NTB.

"Jadi kami dari Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat memberikan apresiasi pada program pemerintah ini tentang Kotaku, di mana Kabupaten/Kota kami di Provinsi ini dimaknai untuk hilangnya kekumuhan dalam kehidupan keseharian kita. Alhamdulillah Program Kotaku ini sudah berjalan di hampir semua Kabupaten/Kota dan hasilnya juga sangat bagus. Dan kami berharap, seperti yang sering disampaikan bahwa untuk melakukan program ini bukan hanya secara fisik," jelas Bang Zul di Kantor Gubernur beberapa waktu lalu.

Bang Zul meyakini, kehadiran Kotaku yang beranggotakan tim dengan berbagai latar belakang keahlian ini akan menjadi salah satu pemicu yang nantinya mampu menghidupkan kota dan hunian yang betul-betul hidup, bukan hanya fisik infrastruktur semata, tapi juga mampu mengubah prilaku masyarakat untuk berprilaku hidup bersih, sehat baik jiwa maupun raganya.

Atas kontribusi dan keterlibatan Kotaku dalam menciptakan keasrian lingkungan di Provinsi NTB melalui infrastrukturisasi, Gubernur menyatakan rasa syukurnya.

"Sekali lagi, kami atas nama Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat mengucapkan banyak terima kasih, mudah-mudahan semangat untuk menghilangkan kekumuhan dari keseharian kita ini menjadi niscaya. Sekali lagi terima kasih", tutupnya. 
 

Ada Upaya Kolaborasi Penanganan Kumuh  
 
Sementara itu, pada hari Rabu (19/08/20), Kepala Dinas Perkim (Perumahan dan Permukiman) Provinsi NTB, Ir. H. Azhar, bersama rombongan melakukan rangkaian monitoring langsung di dua lokasi kegiatan BPM Program Kotaku, di Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah dan Kelurahan Dasan Cermen, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram.

Rangkaian monitoring Kadis Perkim tersebut untuk meninjau secara langsung pelaksanaan program penanganan kumuh yang sedang, sudah dan akan dilakukan oleh Kotaku NTB di tahun 2020 ini.

Dalam kesempatan itu, Kadis Azhar, kepada Sinergi NTB, menyampaikan bahwa kemungkinan rencana kolaborasi penanganan kumuh sangat dimungkinkan. hal ini, lanjutnya, sejalan dengan program perbaikan jalan lingkungan yang terus digenjot Dinas Perkim sejauh ini. Pun demikian, imbuhnya, program penanganan kumuh Kotaku berkaitkelindan dengan visi NTB Zero Waste alias NTB Bebas Sampah yang menjadi salah satu program unggulan Pemprov NTB yang dikomandoi oleh Gubernur-Wakil Gubernur.

Seperti halnya Bang Zul, Kadis Azhar mengapresiasi hasil kegiatan yang sudah dilaksanakan Kotaku dan berpesan kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat lingkungan dan permukimannya dari kekumuhanan.
 

Kunjungan Kadis Azhar di Kelurahan Semayan dan Kelurahan Dasan Cermen, didampngi oleh Tim BPPW Provinsi NTB, Kadis Perkim Kota Mataram, Tim Kotaku Provinsi NTB, Tim Kotaku Lombok TEngah dan Mataram, dan rombongan. 
 
Sementara itu, untuk diketahui khalayak, Program Kotaku adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done