Rombongan "Onta" Masuk KEK Mandalika - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Sabtu, 09 Januari 2021

Rombongan "Onta" Masuk KEK Mandalika



SINERGINTB.COM, LOMBOK TENGAH - Dalam rangka mendukung dan menyemarakkan keberadaan Destinasi Wisata Superprioritas Nasional KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Mandalika dan MotoGP Lombok, dua komunitas sepeda tua, yang dikenal dengan sebutan sepeda Ontel (Jawa) atau sepeda Onta (Lombok) melakukan konvoi bersama, pagi ini, Minggu (10/01/21). 

Komunitas sepeda Onta yang merupakan gabungan warga asal Lombok Tengah (Loteng) dan Lombok Barat (Lobar) ini mengambil start di Kuripan, Lobar dan finish di KEK Mandalika. 

Kompak dan Corsa, nama kedua komunitas ini, secara rutin melakukan konvoi ke destinasi-destinasi wisata yang ada di Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Salah satunya ke Pantai Senggigi, di Lobar, yang sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal, Nasional, dan mancanegara. 

Disebutkan salah satu peserta konvoi dari Corsa, Sarjana, bahwa kehadirannya bersama rombongan di KEK Mandalika merupakan bentuk dukungannya terhadap pembangunan kawasan strategis wisata dunia tersebut. 


Sarjana menambahkan, bahwa keberadaan KEK Mandalika, dan khususnya sirkuit MotoGP Lombok yang merupakan sirkuit jalan raya pertama dan satu-satunya berlokasi di kawasan wisata dunia ini merupakan kebanggan warga NTB, khususnya Lombok, yang perlu terus dipromosikan dan didukung oleh masyarakat. 

"Kehadiran kami konvoi bareng ke Mandalika dan kami berharap bisa diizinkan bersepeda menuju lokasi sirkuit, ini bentuk kontribusi dan dukungan kecil kami bersama komunitas untuk pembangunan ini", cetusnya. 

Dia berharap, nantinya ada event-event lokal atau nasional yang melibatkan komunitas sepeda onta Lombok, untuk lebih menyemarakkan dan memperkenalkan lebih jauh destinasi-destinasi yang ada di NTB, khususunya KEK Mandalika dan MotoGP, yang butuh kolaborasi dan dukungan semua elemen. 

"Ya, meski menurut cerita ada rencana event-event sepeda internasional, yang dulu juga pernah dilakukan di sini, saya kira kami pecinta sepeda antik ini juga perlu dilibatkan. Apalagi ini sepeda antik yang sudah melegenda dan perlu dilestarikan sebagai warisan masa lalu bangsa kita".

Sementara itu, rombongan pesepeda ini melibatkan lebih dari 50 orang. Tampak mereka mengayuh santai sepeda mereka diselingi guyon di sepanjang jalan menuju Mandalika. Iringan sepeda ini juga dihiasi dengan pernik bendera merah putih di bagian belakang onta besi masing-masing. 


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done