Kunjungi Kelana Ijo Berseri, Kadis Nuryanti Dorong Warga Hadirkan Inovasi Industri dari Hasil Bumi - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Kamis, 18 Februari 2021

Kunjungi Kelana Ijo Berseri, Kadis Nuryanti Dorong Warga Hadirkan Inovasi Industri dari Hasil Bumi


SINERGINTB.COM, LOMBOK TENGAH - Pemuda adalah agen perubahan. Jargon itu dipahami dengan baik oleh warga yang tergabung dalam perhimpunan Kelana Ijo Berseri (KIB), Dusun Kelana, Desa Sepakek, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah (Loteng). Di mana, salah satu program lembaga ini adalah penguatan dan pemberdayaan UMKM/IKM. Mereka menginisiasi ibu-ibu desa untuk mengolah potensi desa yang dirintis sejak tahun 2017.

Kelana Ijo Berseri telah menghasilkan beberapa produk olahan seperti olahan keripik singkong, black garlic, olahan kunyit, konveksi dan produk lain sesuai dengan potensi desa. 

Berkenalan dengan hal tersebut, pada Selasa (16/02/21) yang lalu, Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian NTB, Hj. Nuryanti, mengunjungi Kelana Ijo Berseri dan memberikan rekomendasi untuk mengembangkan tepung tapioka sebagai industri turunan olahan singkong yang telah ada. Support permesinan pendukung akan diinisiasi untuk mendukung usaha para pemuda tersebut. 

"Senang menyaksikan para pemuda yang tergabung dalam IKM Kelana Ijo Berseri ini. Membuat perubahan dari tapak untuk kemudian disinergikan dengan fungsi negara dalam ruang dan fungsinya. Inilah industrialisasi NTB. Kolaborasi seluruh sektor menuju NTB Gemilang“, pungkas Ibu Kadis. 


Di saat yang sama, di tengah terik siang yang panas, Kadis ini tak segan berkeliling jalan kaki meninjau green house alias bale benih dan spot-spot tanaman pangan yang ada di sepanjang jalan kampung. Ia pun mengecek secara langsung lokasi penanaman benih, diajak berfoto bersama di spot payung selfi seraya mengamati mural/grafiti yang terpajang di sepanjang dinding pinggir jalan hasil karya swadaya warga. 

Iswatillah, salah satu Kader Perempuan KIB, mewakili yang hadir menyambut kunjungan, menyampaikan rasa terima kasihnya atas dorongan dan dukungan Dinas Perindutrian NTB terhadap pengembangan KIB dalam mengembangkan usaha-usaha yang sedang dirintis. 

"Kami sangat berterima kasih dan senang sekali atas kehadiran Ibu kadis dan rombongan. Terima kasih juga atas arahan dan bimbingannya. Ternyata ibu kadis orangnya santai dan berbaur dengan kami. Beliau nyantai, selalu jawab pertanyaan-pertanyaan kami dengan tenang", sebutnya. 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done