Ngopi Bareng DPD ASKI NTB, Gubernur NTB Dorong Industrialisasi Kopi - Sinergi NTB
Terbaru
Loading...

Senin, 13 September 2021

Ngopi Bareng DPD ASKI NTB, Gubernur NTB Dorong Industrialisasi Kopi


SINERGINTB.COM, MATARAM - Gubernur  Nusa Tenggara Barat, Dr.H Zulkieflimansyah, menegaskan pentingnya mendorong pengembangan komoditas kopi bernilai tambah melalui keterhubungan hulu-hilir rantai nilai secara utuh. 

“Bagaimana Kopi dan pelaku Kopi di Nusa Tenggara Barat mampu mendorong perkembangan dan pertumbuhan produk dan ekonomi kreatif lainnya di hulu dan di hilir, bukan hanya sekedar menjadi penjual kopi dalam arti komoditas, ” ujar Gubernur NTB pada acara "Ngopi Bareng" DPD ASKI (Dewabn Pengurus Daerah Asosiasi Kopi Indonesia) NTB, Jumat (10/09/21) yang lalu, di Angkringan Kita De_ngopi Mataram. 

Pada arahannya, Gubernur NTB berharap kopi menjadi suatu kegiatan ekonomi kreatif penciptaan nilai tambah dan pendorong tumbuhnya industri kopi mulai dari hulu ke hilir, dan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. 

Pengembangan-pengembangan inovasi dan teknologi berbasis kemampuan melalui pemanfaatan potensi lokal perlu terus dipacu. Pengembangan peralatan penanganan pasca panen tepat guna secara lokal, peralatan pengolahan aneka alat dan mesin berbasis lokal sampai inovasi aneka kemasan dan branding harus difasilitasi. 


“Saya bangga dengan kreasi anak-anak muda, anak milenial di rantai nilai kopi ini yang sudah mulai bergerak secara mandiri di NTB. Saya akan membatasi perdagangan komoditas seperti kopi hanya dalam bentuk green beans, dan harus didorong penciptaan nilai tambah agar mampu menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal lebih baik”, puji orang nomor satu NTB yang akrab disapa Bang Zul tersebut. 

Ditambahkan Bang Zul, model bisnis yang diprakarsai oleh teman-teman pelaku rantai nilai kopi ini adalah model yang perlu menjadi acuan dan di contoh. 

“Kita tidak boleh bangga hanya melakukan perdagangan sebatas bahan mentah, seperi jagung hanya dalam bentuk komoditas, bahan baku saja, tetapi jagung diproses menjadi pakan ternak, malah kita kembali membeli pakan ternak itu ke NTB” tegas Gubernur.  

Gubernur sangat mengapresiasi initiatif anak-anak milenial mulai dari petani kopi milenial sampai pelaku kopi milenial di hilir terhadap kreasi mandiri yang sudah dan sedang dikembangkan. Termasuk inisiatif kemunculan dan pembentukan dari Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) NTB. 

“Kita mesti mampu mencontoh perkembangan industri tekstil di Inggris yang mampu mendorong kemunculan industri ikutan lainnya, pendorong ekonomi kreatif disepanjang rantai nilai tekstil dengan inovasi inovasi lainnya”, bebernya.

Sementara itu, acara Ngopi Bareng tersebut dirangkai dengan pembentukan Kepengurusan DPD ASKI (Asosiasi Kopi Indonesia) NTB juga dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB, Kadis Koperasi NTB, Kadis Perindustrian NTB, Kadis Pariwisata NTB dan Sekretaris Dinas Perdagangan NTB serta pelaku rantai nilai kopi mulai dari petani kopi milenial, industri kopi sangrai (roastery), pelaku penyeduh kopi (barista) sampai penikmat kopi. 

Saat ini, DPD ASKI NTB, sudah memulai pengembangan inisiatif-inisiatif pengembangan inovasi-inivasi pada rantai nilai kopi, dengan mendorong pelaku dari anak-anak muda, generasi milenial yang memiliki kemauan dan mendorong peningkatan kemampuan mulai dari budidaya kopi, sangrai kopi, kedai kopi, inovasi kemasan dan penggiat kopi, bersinergi sengan pemangku kepentingan lainnya. Mendorong komoditas kopi di daerah ini berkontribusi terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan ekonomi lokal.

Dari hasil musyawarah bersama para pengurus, H. Suryadi Jaya Purnama terpilih menjadi Ketua DPD ASKI NTB dan H. M. Huzaini Areka diplot menjadi sekretaris. 

ASKI NTB dibentuk dengan Visi "Kopi Mempersatukan dan Mensejehterakan ". Sementara misinya untuk menyatukan Petani,  Penggiat serta Penikmat Kopi Indonesia, sekaligus mengedukasi, mengadvokasi dan pendampingan Pasar. 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
Kami menerima tulisan berupa opini, artikel serta beragam jenis tulisan menarik lainnya. kirimkan ke email kami sinergy@gmail.com.
Done