Peringatan Hari Santri Nasional 2023: Pj Sekretaris Daerah NTB Serukan Sikap Toleransi

Mataram (sinergi NTB) – Drs. H. Fathurrahman, M.Si, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi NTB, menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan di Asrama Haji, Mataram, pada Ahad, 22 Oktober 2023.

Pada peringatan Hari Santri ini, Pj Sekda NTB mengajak semua pihak untuk memahami dan menerapkan sikap toleransi, terutama di kalangan santri, umat Islam, dan masyarakat luas.

“Hari Santri dirayakan dengan tujuan mempromosikan sikap moderat dan toleransi, tidak hanya di kalangan santri, tetapi juga di kalangan umat Islam dan masyarakat umum. Selamat memperingati Hari Santri 2023 dengan semangat ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’,” kata Fathurrahman.

Upacara peringatan Hari Santri di NTB dihadiri oleh seluruh santri dari berbagai madrasah, baik negeri maupun swasta di Kota Mataram. Inspektur Upacara peringatan Hari Santri Nasional di Kemenag NTB adalah H. Zamroni Azis, SHI, MH, Kepala Kanwil Kemenag NTB.

Petugas upacara pada kesempatan ini adalah para santri dari Kota Mataram, termasuk MANPK MAN 2 Mataram. Acara tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda NTB, Kabinda, anggota DPR RI Komisi VIII dari daerah pemilihan NTB, pejabat Eselon III di Kemenag NTB, Kepala Madrasah, Pengawas, Penyuluh, dan pihak lainnya.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara mengingatkan bahwa banyak pemimpin Indonesia yang berasal dari kalangan santri dan pesantren. Oleh karena itu, bagi para santri, menjadi warga negara Indonesia adalah suatu kewajiban yang tak bisa ditawar.

“Ini adalah hasil perjuangan para santri yang telah berkontribusi besar dalam meraih kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Kepala Kanwil Kemenag NTB, H. Zamroni Azis, juga mengingatkan para santri untuk selalu berperilaku baik dan mencintai tanah air Indonesia. Hal ini penting karena kepemimpinan di masa depan akan bergantung pada generasi santri, yang diharapkan akan meneruskan estafet kepemimpinan dengan penuh tanggung jawab.