“Pemerintah Provinsi NTB Terbuka untuk Kerjasama dengan Romania”

Mataram, NTB (sinergi NTB) – Pemerintah Provinsi NTB dengan senang hati menyambut berbagai potensi kerjasama dengan pemerintah Romania. Pernyataan ini disampaikan oleh Drs. H. Lalu Gita Ariadi saat menerima kunjungan Duta Besar Rumania untuk Indonesia, H.E. Dan Adrian Balanescu, di Kantor Gubernur NTB pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Selama pertemuan, berbagai potensi kerjasama dibahas antara Pemerintah Nusa Tenggara Barat dan Pemerintah Romania. Pj Gubernur, yang akrab disapa Miq Gite, menyatakan, “Kami siap untuk bekerja sama dengan Romania, baik dalam kerjasama antar pemerintah, antar bisnis, maupun antara masyarakat.”

Miq Gite juga memaparkan potensi yang dimiliki Provinsi NTB dalam berbagai sektor yang dapat diintegrasikan dengan Romania, seperti pendidikan, perdagangan, pertanian, peternakan, pariwisata, dan berbagai peluang investasi. Dalam garis besar, Pj Gubernur menawarkan Kawasan Kayangan Global Hub sebagai pintu terbuka bagi investor Romania, berbagai komoditas unggulan dari NTB yang siap untuk diekspor, serta peluang bagi pemuda dan pemudi NTB untuk menerima beasiswa atau mengikuti program pertukaran pelajar ke Romania.

“Kami siap untuk datang ke Kedutaan Besar Romania di Jakarta dengan membawa data dan informasi yang dapat dipresentasikan,” tambah Miq Gite.

Sementara itu, Duta Besar Rumania untuk Indonesia, H.E. Dan Adrian Balanescu, menyampaikan bahwa Pemerintah Romania sangat tertarik untuk lebih memahami Provinsi NTB dan mengidentifikasi berbagai potensi kerjasama yang dapat dijajaki. Kerjasama yang diungkapkan mencakup berbagai aspek, termasuk menjadi provinsi mitra, kerjasama dalam perdagangan, pendidikan, dan bahkan rencana untuk mendirikan konsulat dagang Romania di NTB.

Balanescu menyatakan, “Kami memiliki beragam peluang untuk berkolaborasi dan mengejar berbagai kemungkinan kerjasama yang ada.”