Pj Gubernur Miq Gite Bertemu dengan Manajemen Garuda Indonesia, Air Asia, dan Lion Group untuk Mendukung PON 2028 dan Perkembangan Industri MICE di NTB

Jakarta, (sinergi NTB) – Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, Penjabat Gubernur Provinsi NTB, telah mengadakan serangkaian pertemuan dengan manajemen maskapai penerbangan di Indonesia. Didampingi oleh Dr. Ismail, Direktur Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Miq Gite terlebih dahulu bertemu dengan Irvan Setiaputra, Presiden & CEO PT Garuda Indonesia, di kantornya yang berlokasi di Kebon Sirih. Setelah pertemuan dengan pimpinan Garuda Indonesia, didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Miq Gite melanjutkan pertemuan dengan Direktur Operasi Air Asia, Capt Wuri Septiawan, dan Presiden Direktur Lion Air, Rudi Lumingkewas di Jakarta pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Pertemuan-pertemuan ini diselenggarakan oleh Pj Gubernur Miq Gite sebagai langkah untuk mengatasi keluhan masyarakat terkait dengan keterbatasan frekuensi dan rute penerbangan, serta biaya tiket pesawat yang tinggi dari dan ke NTB, baik dalam negeri maupun internasional. Selain itu, pertemuan-pertemuan ini juga bertujuan untuk mendukung persiapan NTB sebagai tuan rumah PON 2028.

Miq Gite menjelaskan, “Saya memanfaatkan kunjungan dinas saya ke Jakarta untuk melakukan road show kepada para pimpinan maskapai penerbangan pemerintah dan swasta guna merespons keluhan masyarakat terkait masalah penerbangan di NTB.”

Selain itu, pertemuan-pertemuan ini juga merupakan bagian dari strategi Miq Gite untuk mendorong pertumbuhan industri MICE (Meeting, Incentive, Conference, dan Exhibition) di Lombok dan NTB secara keseluruhan. Industri MICE dianggap sebagai salah satu sektor pariwisata yang memiliki potensi besar untuk pengembangan di dunia pariwisata. Dengan konektivitas yang lancar antara NTB dan wilayah lain, Miq Gite berharap dapat meningkatkan aktivitas MICE di NTB. Hal ini diharapkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat dan mendukung sektor pariwisata, yang merupakan salah satu sektor unggulan di Provinsi NTB.