Peluncuran Program Jum’at Salam: Pendapat Sesditjen Bina Pemdes Kemendagri

Lombok Barat, NTB (sinergi NTB) – Peluncuran program Jum’at Salam diapresiasi dan layak mendapatkan pengakuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. Pernyataan ini disampaikan oleh Paudah, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, saat hadir dalam acara peluncuran Jum’at Salam di kawasan Wisata Agro, Desa Kebun Ayu, Lombok Barat, pada tanggal 27 Oktober 2023.

Menurut Paudah, program ini sangat istimewa karena Pj. Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., berupaya untuk menggabungkan berbagai program yang tersebar di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi NTB.

“Pendekatan ini sangat tepat, mengingat bahwa seluruh program pemerintah berakar di desa,” ungkap Paudah.

Paudah juga memberikan contoh bahwa program pemerintah, seperti penurunan angka stunting, dimulai dari tingkat desa. Desa-desa memiliki Posyandu, PKK, dan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan intervensi terhadap stunting.

Selain itu, desa-desa juga memiliki potensi di sektor pertanian dan peternakan, yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Mengenai program Jum’at Belondong atau Bersarung, Paudah mengatakan bahwa ini merupakan potensi yang luar biasa, yang dapat menjadi sumber pendapatan bagi desa. Ia mengakui bahwa kain dengan corak yang bagus dan kualitas yang tidak kalah dengan produk-produk lain telah menjadi ikonik dari NTB dan perlu didorong karena kualitasnya yang unggul dan sumber daya yang tersedia.

Paudah juga menambahkan, “Jika program ini dijalankan sebagai gerakan, maka masyarakat penenun akan menjadi lebih sejahtera.”