“Komitmen NTB dalam Memperkuat Ketahanan Pangan Bersama TNI”

Mataram, (sinergi NTB) – Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, bersama TNI dan Kelompok Tani Karya Makmur, turut serta dalam Kegiatan Video Conference (Vidcon) Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (Hanpangan) TNI Tahun 2023, yang dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin. Kegiatan ini berlangsung di Asrama Lanud ZAM, Kelurahan Rembiga, Mataram, pada hari Rabu, 1 November 2023.

Pada kesempatan tersebut, Pj Gubernur Miq Gite mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung Gerakan Nasional Ketahanan Pangan (Hanpangan) demi mencapai kesejahteraan bersama. Dalam konteks ini, TNI memiliki peran penting dalam mengawal dan memperkuat ketahanan pangan di Indonesia.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, menekankan pentingnya mengoptimalkan penggunaan lahan pertanian dan mencegah masyarakat menganggur. Dia juga menyoroti urgensi TNI dalam memahami situasi krisis pangan global. Ma’ruf Amin mengingatkan bahwa masalah pangan adalah masalah yang sangat vital, karena ketersediaan pangan mempengaruhi stabilitas negara.

“Saya minta seluruh anggota TNI memiliki kesadaran dan kepekaan terhadap isu ini, karena urusan pangan adalah urusan perut, sangat penting, dan menentukan stabilitas negara,” ujar Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatan tersebut, Kolonel Pnb Erwin Sugiandi, M. Han., menjelaskan bahwa Lanud ZAM memiliki lahan seluas 32 hektare untuk ketahanan pangan, dengan perkiraan hasil panen sekitar 8 ton per hektar. Hasil panen ini dibeli oleh perusahaan swasta dengan harga yang menguntungkan, yang kemudian bisa dirasakan oleh Lanud ZAM dan masyarakat sekitar.

“Kami memiliki lahan ketahanan pangan seluas 32 hektar dengan perkiraan panen sebanyak 8 ton per hektar, yang langsung dibeli oleh perusahaan swasta sehingga harganya tinggi, dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh Lanud ZAM dan masyarakat di sekitar,” jelas Kolonel Pnb Erwin Sugiandi.

Gerakan Nasional Ketahanan Pangan yang dilaksanakan oleh TNI secara serentak di 384 lokasi di seluruh Indonesia merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan komitmen kuat TNI dalam mendukung ketahanan pangan nasional sebagai bagian dari upaya memastikan stabilitas dan kesejahteraan negara.