“Sinergi Kesehatan: RS Mandalika Perkenalkan Layanan Bedah Saraf pada Jumat Salam”

Lombok Tengah – Sejalan dengan implementasi kegiatan Jumat Salam yang diinisiasi oleh Penjabat (PJ) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, Direktur RS Mandalika Provinsi NTB bersama Kabid Pelayanan, dr. Rolandra Gistennang, dan dr. Teuku Arie Hidayat, Sp.BS, memberikan sosialisasi Pelayanan Bedah Saraf serta edukasi kepada tenaga kesehatan Puskesmas Teruwai pada hari Rabu, 15 November 2023.

Dalam acara tersebut, dr. Arie memberikan wawasan mendalam tentang bedah saraf, menjembatani pengetahuan yang dapat diterapkan dalam upaya penyelamatan jiwa dan kesehatan masyarakat. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah menciptakan sinergi yang kuat antara RS Mandalika dan Puskesmas Teruwai, agar pelayanan kesehatan bedah saraf dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat setempat.

“Harapan setelah kegiatan ini adalah terciptanya sinergi yang kuat antara RS Mandalika dan puskesmas Teruwai, sehingga pelayanan kesehatan bedah saraf dapat lebih mudah diakses oleh masyarakat. Dengan meningkatnya pemahaman dan keterampilan tenaga kesehatan di Puskesmas Teruwai, diharapkan pula dapat mengurangi beban masyarakat terkait aneka persoalan kesehatan, terutama yang berkaitan dengan bedah saraf,” ungkap dr. Arie.

Menyambung pendapat tersebut, Kabid Pelayanan RS Mandalika Provinsi NTB, dr. Roland, menjelaskan bahwa implementasi Jumat Salam merupakan upaya nyata pemerintah provinsi untuk bersama-sama dengan kabupaten hingga desa menyelesaikan masalah masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

“Semoga kegiatan ini menjadi langkah nyata dalam memperkuat sistem kesehatan di wilayah ini dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat,” tutup dr. Roland.

Sosialisasi Pelayanan Bedah Saraf di Puskesmas Teruwai tidak hanya menjadi upaya meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan, tetapi juga menjadi langkah strategis dalam membangun kolaborasi antarlembaga untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Provinsi NTB. Implementasi konsep Jumat Salam diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk merajut sinergi dalam menanggulangi berbagai permasalahan kesehatan masyarakat.