“Langkah Awal yang Kuat: Pj Gubernur NTB Resmi Umumkan Ketua Umum Forsesdasi Periode 2023-2026 pada Rakernas”

Mataram,  NTB – Pada tanggal 17 November 2023, Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi) di Mataram. Dalam sambutannya, Miq Gite menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota Forsesdasi yang hadir di Provinsi NTB untuk mengikuti Rakernas.

“Terkadang memang sulit untuk menghadirkan Sekda secara full team, karena Sekda ketika Kepala Daerah sedang berada di luar daerah, maka Sekda harus menjaga daerahnya. Ketika kepala daerah di dalam daerah, Sekda juga harus mengawal situasi di dalam daerahnya, sehingga Sekda acap kali menjadi penjaga dalam daerah,” tuturnya.

Miq Gite berharap agar Forsesdasi mampu menjadi mesin penggerak pembangunan di daerah masing-masing. “Saya berharap bahwa peran Forsesdasi ke depan tetap mampu menjadi penggerak pembangunan di daerah yang sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Miq Gite mengumumkan Ketua Umum Forsesdasi periode 2023-2026 terpilih, yaitu Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Dra. Sri Wahyuni, M.PP, dengan Wakil Ketua I Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs. Asrun Lio, M.Hum.,PhD, Wakil Ketua II Sekda Provinsi Riau, SF Hariyanto, Wakil Ketua III Sekda Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, dan Sekretaris Umum, Sekda Provinsi Maluku, Ir. Sadali Le, M.Si.

“Semoga pengurus inti dapat melanjutkan kegiatan Forsesdasi, melengkapi susunan dewan pengurus, dengan mengisi direktur-direktur di bawahnya dengan format yang disiapkan,” tuturnya.

Ketua Umum DPP Forsesdasi periode 2023-2026, Dra. Sri Wahyuni, M.PP, menyatakan bahwa tantangan ke depan bagi segenap Sekda pasca-pemilu dan Pemilukada adalah mempertahankan sistem merit di lingkungan birokrasi agar tetap terjaga.

“Pasti menjadi tugas berat kita semua, agar bagaimana birokrasi yang sudah berjalan ini bisa diterima dan tidak memiliki dampak dari kontestasi politik yang begitu mengemuka tahun depan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri, Sekretaris Daerah se-Indonesia, Pj Gubernur Papua, Sekda kabupaten/kota se-NTB, Kepala Biro Provinsi kabupaten/kota, dan Pimpinan OPD Pemprov NTB. Rakernas Forsesdasi 2023 menjadi panggung diskusi strategis untuk membahas langkah-langkah konkrit dalam menghadapi dinamika kebijakan dan tugas-tugas ke depan dalam rangka pembangunan daerah.