“Miq Gita Pimpin Apel Ikrar Netralitas dan Bagi Satya Lencana Karya Satya ke Pegawai ASN Menyongsong Pemilu”

Mataram, 04 Desember 2023 – Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si, melaksanakan Apel Ikrar Netralitas bagi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam upaya memastikan kesuksesan pelaksanaan pemilu dan pemilihan tahun 2024. Acara ini, yang diadakan di halaman kantor gubernur, turut menjadi momen penting dengan penyerahan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia kepada beberapa ASN yang telah memberikan kontribusi luar biasa untuk NTB.

Dalam rangka menjaga integritas dan netralitas, Ikrar Netralitas ASN yang dibacakan di apel tersebut menyampaikan komitmen kuat untuk:

  1. Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas pegawai ASN di instansi masing-masing, sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan pemilu dan pemilihan tahun 2024.
  2. Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik intimidasi, dan ancaman kepada pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat. ASN diharapkan tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.
  3. Menggunakan media sosial secara bijak dan bertanggung jawab, tanpa menyebarkan ujaran kebencian dan berita bohong.
  4. Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun, dengan menjunjung tinggi integritas dan tanggung jawab.

Dalam arahannya, PJ Gubernur Miq Gita menekankan bahwa pembacaan ikrar ini merupakan komitmen Pemerintah Provinsi NTB untuk mendukung pelaksanaan pemilu, mulai dari pemilihan Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, hingga DPRD, yang akan dilaksanakan serentak di awal dan akhir tahun mendatang. Ia berharap ikrar tersebut menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh ASN dalam menjalankan tugasnya.

“Pembacaan ikrar ini sebagai komitmen Pemerintah Provinsi NTB dalam mendukung pelaksanaan Pemilu baik pemilihan Presiden, Gubernur, Bupati, DRPD, dan walikota, baik sebelum maupun selama pelaksanaan momentum politik ini, bentuk integritas kita menjadi pelayan abdi negara dan masyarakat yang sebaik-baiknya,” ujar Miq Gita.

PJ Gubernur juga mengungkapkan bahwa ASN memiliki peran kunci dalam memastikan jalannya proses pemilihan yang aman dan damai, dengan membantu mensosialisasikan aparat penyelenggara pemilu. Bersama unsur aparat keamanan, mereka melakukan deteksi dini dan memberikan dukungan kepada KPU dan Bawaslu dalam melakukan sosialisasi agar masyarakat tercerahkan dan mengikuti proses politik dengan damai serta tidak terpengaruh unsur emosionalitas yang berlebihan.

Acara tersebut tidak hanya menonjolkan Apel Ikrar Netralitas ASN, tetapi juga menjadi momentum penghargaan bagi beberapa ASN yang telah memberikan kontribusi signifikan. PJ Gubernur Miq Gita memberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia kepada mereka sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan prestasi yang telah mereka sumbangkan untuk NTB.

“Saya sangat bangga dengan dedikasi dan kinerja luar biasa para ASN. Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi kita terhadap kontribusi mereka dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,” tambah Miq Gita.

Apel Ikrar Netralitas dan pemberian penghargaan ini tidak hanya menjadi langkah strategis untuk memastikan netralitas ASN di tengah dinamika Pemilu yang akan datang, tetapi juga sebagai dorongan semangat untuk meningkatkan kinerja dan prestasi pegawai ASN dalam membangun NTB. Dengan tekad yang bulat dan semangat yang tinggi, Pemerintah Provinsi NTB bersama ASN berkomitmen untuk menyelenggarakan pemilu yang demokratis, aman, dan berkualitas.