Pemprov NTB Menjajaki Kerja Sama Pengembangan Perdagangan dengan Kalimantan Timur

Mataram – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah NTB, Drs. Ibnu Salim, menghadiri acara Penguatan Pengembangan Kerja Sama Perdagangan antara Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi NTB di Mataram pada 17 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Abah Ibnu, panggilan akrab Pj Sekda, mengungkapkan kebahagiaannya bekerja sama dengan Provinsi Kalimantan Timur, mengingat kedua daerah memiliki visi dan misi yang sama dalam memperkuat hubungan perdagangan.

“Pertemuan bisnis kali ini merupakan kesempatan untuk membangun kolaborasi dalam memperkenalkan potensi sumber daya alam masing-masing. Produk-produk yang bisa dikolaborasikan akan membawa kemajuan bersama di masa depan,” ujarnya.

Sekda Provinsi Kalimantan Timur, Dra. Sri Wahyuni, MTP, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Provinsi NTB yang telah menerima kunjungan ini dengan baik untuk memperkuat kerja sama perdagangan.

“Kami telah melakukan roadshow ke berbagai daerah dan menyadari bahwa Kalimantan Timur masih bergantung pada sumber daya yang belum diperbarui. Oleh karena itu, banyak upaya yang harus dilakukan ke depan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kaltim,” jelasnya.

Ia berharap kerja sama ini tidak hanya menjadi awal dan akhir, tetapi juga sebagai forum untuk bersinergi memperkuat kerja sama perdagangan antara kedua daerah. Selain itu, ini adalah upaya untuk menjamin kepastian pasokan dan menjaga inflasi.

“NTB tidak pernah memiliki angka inflasi yang tinggi, penduduknya lebih banyak, tetapi mampu memberikan pasokan ke luar daerah, menunjukkan swasembada yang luar biasa,” tambahnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Sekretaris Dinas Perdagangan NTB, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah Kalimantan Timur, para pelaku UMKM dari NTB dan Kalimantan Timur, serta tamu undangan lainnya.