Koordinasikan Pemda dengan Baik, Penjabat Gubernur NTB Tanggap dan Cepat dalam Penyaluran Bantuan untuk Para Korban Kebakaran

Lombok Timur – NTB (sinergi NTB) – Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si telah mengonfirmasi bahwa kebakaran yang terjadi di Dusun Muhajirin II, Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur terjadi pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Dalam upaya penanganan kejadian ini, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, Dr. H. Ahsanul Khalik, S.Sos., MH telah melakukan koordinasi yang baik dengan pihak-pihak terkait, seperti Kades setempat, Tim KSB, Camat, dan Dinsos Lotim.

Selain koordinasi, pemerintah juga memberikan berbagai bantuan kepada para korban, termasuk makanan siap saji, lauk pauk siap saji, selimut, kasur, sandang bayi, makanan anak, perlengkapan anak, kit keluarga, sandang dewasa, peralatan dapur, dan tenda gulung.

“Kebakaran terjadi pada hari Selasa sore akibat kebakaran kompor. Saat kejadian, Bapak Yunus berada di bawah rumah (rumah panggung) sedang bekerja, sementara istrinya pergi berjualan ikan. Anak-anak mereka yang ada di atas rumah sedang menggoreng emping nasi (sengarek). Menurut Bapak Yunus, anak-anaknya lupa mematikan kompor, yang menyebabkan terjadinya kebakaran,” jelas Kadinsos.

Akibat kebakaran ini, sebanyak tiga rumah terdampak, di antaranya satu rumah mengalami kerusakan berat dan dua rumah lainnya mengalami kerusakan ringan. Jumlah kepala keluarga yang terdampak mencapai tujuh jiwa dengan kerugian total sekitar Rp 35.000.000.

Kadinsos juga mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati dan tidak lengah dalam mematikan kompor di dapur guna menjaga keselamatan bersama.