Doktor Najam, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Menyampaikan Peran Command Center kepada Tim Kunker Pemerintah Daerah Sukoharjo.

Pengelolaan informasi publik di Nusa Tenggara Barat (NTB) oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, serta adanya layanan Command Center dari Unit Pelayanan Teknis (UPT) Layanan Digital, menjadi acuan dalam kebijakan pemerintah provinsi. Kepala Dinas Kominfotik menyampaikan hal ini saat menerima kunjungan presstour dari Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Dinas Kominfotik NTB memberikan layanan informasi kepada masyarakat dan mengelola data untuk mendukung pembuatan kebijakan daerah,” ungkap Doktor Najam di Command Center NTB kantor Gubernur pada hari Selasa (07/11).

Ia menjelaskan bahwa Tim Media Kominfotik terlibat dalam penyediaan informasi dengan tim peliputan, tim reaksi cepat, dan tim highlight media, yang bertujuan untuk mendukung pengelolaan informasi yang selanjutnya diolah menjadi data untuk pembuatan kebijakan.

“Data ini kemudian diolah kembali oleh command center dan disesuaikan dengan data lapangan yang diperoleh dari kabupaten/kota serta laporan media massa terkait kegiatan pimpinan,” tambahnya.

Selama kunjungan presstour di Kabupaten Sukoharjo, Doktor Najam juga memaparkan strategi penyebarluasan informasi melalui media sosial dan kerjasama dengan media massa online maupun offline sebagai mitra pemerintah provinsi.

Salah satu peserta presstour, Ibu Nani, seorang jurnalis KompasTV, memberikan tanggapan positif terhadap upaya yang dilakukan oleh Dinas Kominfotik NTB. “Saya melihat hal ini sangat menarik dan patut dicontoh oleh Pemkab Sukoharjo,” katanya.

Ia menambahkan bahwa pola analisis isu dan rekapitulasi pemberitaan media dapat membantu Pemkab dalam mengelola pola komunikasinya, mengikuti jejak yang telah dilakukan oleh Pemprov NTB. Rencananya, hasil positif dari presstour ini akan segera diusulkan ke Pemkab sebagai rekomendasi. Peserta presstour lainnya termasuk Asisten III Pemkab Jawa Tengah, Sekdis Kominfo, dan Kabag Prokopim.