Keberhasilan NTB: Capaian Prestasi dan Kesiapan Masyarakat Menuju Kemajuan

Sumbawa,  NTB –  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi NTB ke-65 pada tanggal 17 Desember 2023, Provinsi NTB meraih sejumlah prestasi yang menandai kemajuan signifikan di Lapangan Kantor Bupati Sumbawa.

Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, menyatakan, “Prestasi ini mencerminkan kesiapan masyarakat NTB untuk mengambil langkah progresif dan maju ke depan.”

Beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh Provinsi NTB antara lain mencatatkan angka inflasi terendah di Indonesia, yaitu sebesar 2,66 persen year on year (yoy). Selain itu, Provinsi NTB menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP, MGP Samota, dan Selaparang, serta menyelenggarakan Festival Fashion seperti Lombok International Modest Fashion Festival (Limoff).

Prestasi lainnya mencakup penghargaan Anindhita, Wistra Data, Innovative Government Award (IGA), Anugerah Meritokrasi, Anugerah KPI 2023, Lencana Abdi Desa Wisata, predikat terbaik pertama Indonesia Muslim Travel Indek (IMTI), dan penghargaan pada Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI).

Selain itu, Provinsi NTB berhasil meraih penghargaan untuk 45 inovasi pelayanan publik terpuji, mencapai Universal Health Coverage (UHC), menerima Anugerah Dewan Energi Nasional 2023, mendapatkan penghargaan sebagai instansi teraktif urutan kedua, serta memperoleh predikat provinsi informatif.

Miq Gite menyatakan, “Seluruh pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, menciptakan revolusi dalam tindakan dan kebijakan. Prestasi-prestasi gemilang yang kita peroleh saat ini adalah buah dari dedikasi dan kebijaksanaan pemimpin-pemimpin terdahulu.”