Langkah Hijau Pj Gubernur NTB: Jumat Salam di RS Mandalika Perkuat Komitmen Menuju Green Hospital

Lombok Tengah – Pj. Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si memberikan dukungan penuh terhadap implementasi konsep Green Hospital di Rumah Sakit Mandalika Provinsi NTB. Green Hospital menjadi terobosan baru dalam perancangan dan manajemen rumah sakit, dengan fokus pada keberlanjutan lingkungan, pelayanan paripurna, serta kenyamanan dan keamanan lingkungan.

“Rumah Sakit Mandalika, sejak sejarah kelahirannya, merupakan bagian integral dari kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika. Dengan berbagai atraksi dan kunjungan yang tinggi di KEK Mandalika, dukungan layanan kesehatan dari pemerintah daerah melalui Rumah Sakit Mandalika menjadi sangat penting. Rumah Sakit Mandalika diharapkan dapat berperan besar dalam mendukung pengembangan Sport Tourism yang dikembangkan di Nusa Tenggara Barat,” ungkap Miq Gite, sapaan akrab Pj. Gubernur NTB, di RS Mandalika pada Jumat (22/12).

Pj. Gubernur NTB memberikan apresiasi kepada Direksi dan manajemen RS Mandalika atas capaian positif yang telah diraih, termasuk transformasi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada tahun 2023, pelayanan kepada pasien BPJS, dan akreditasi paripurna.

“Kepada seluruh petugas layanan di Rumah Sakit Mandalika, progres tahun 2024 adalah memberikan layanan prima kepada setiap masyarakat yang membutuhkan. Semoga Rumah Sakit Mandalika menjadi kebanggaan di masa yang akan datang,” harap Miq Gite.

Direktur RS Mandalika, dr. Oxy Tjahjo Wahjuni, SP.EM, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Nusa Tenggara Barat yang ke-65 dan Program JUMAT SALAM. “Terima kasih atas kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh Pj. Gubernur NTB, Bupati Lombok Tengah yang diwakili Sekda Lombok Tengah, dan para kepala perangkat daerah Provinsi NTB di RS Mandalika. Penghijauan di RS Mandalika hari ini berjalan lancar, dengan puluhan bibit tanaman obat dan buah yang ditanam dan diserahkan kepada masyarakat melalui Kepala Desa Sengkol sebagai desa binaan RS Mandalika,” terang Direktur RS Mandalika.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten III Setda NTB, Sekda Kabupaten Lombok Tengah, Direktur RSUD Provinsi NTB, Direktur RSJ Mutiara Sukma, Direktur RS Mata Provinsi NTB, Kades Sengkol beserta jajarannya, dan tokoh pemuda setempat. Acara ini menjadi momentum bersatu untuk mendukung upaya menjadikan RS Mandalika sebagai pusat pelayanan kesehatan yang ramah lingkungan dan memberikan kontribusi positif terhadap pariwisata olahraga di NTB.