“Prestasi Gemilang: NTB Bersama Program PePADU Plus Meraih Penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik”

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023. Penghargaan ini diterima langsung oleh Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M.Si, yang diwakili oleh Plh. Asisten I Setda Provinsi NTB, Ir. Lalu Hamdi, M. Si. Penyerahan penghargaan dilaksanakan di Hotel Bidakara Jakarta pada Selasa (21/11/2023).

KIPP Tahun 2023 menyematkan penghargaan kepada NTB melalui Program Inovasi PePADU Plus, sebuah langkah inovatif yang berhasil memperoleh tempat di deretan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji kategori klaster provinsi. Dalam upacara penyerahan penghargaan, Plh. Asisten I Setda Provinsi NTB menyampaikan bahwa penghargaan ini semakin mengokohkan jati diri kebangsaan, menjadi momentum untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia yang aman dan sejahtera.

Menurut Ir. Lalu Hamdi, M. Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi NTB, inovasi PePADU Plus melibatkan perjalanan panjang sejak diluncurkan pada 2021. Dalam prosesnya, sinergi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) menjadi kunci keberhasilan. Program ini berhasil melewati berbagai tahap kompetisi dan terpilih menjadi salah satu inovasi terbaik.

“Inovasi ini memiliki tujuan mulia, yakni mempersiapkan tenaga kerja agar terserap di dunia industri, sehingga investasi di NTB dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Kerja sama yang baik dengan para pemangku kepentingan, terutama DUDI, dianggap sebagai solusi terbaik dalam mengatasi tantangan sektor ketenagakerjaan,” ungkap Ir. Lalu Hamdi.

Sementara itu, Pj. Gubernur NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M.Si, menyampaikan apresiasi atas prestasi NTB yang berhasil masuk dalam daftar Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji. Ia menekankan kesiapan Pemerintah Provinsi NTB untuk terus bersinergi dan memberikan dukungan penuh kepada PePADU Plus demi kemajuan dan kesejahteraan para anggota Pepabri di NTB.

“Ini merupakan keberhasilan bersama, dan Pemerintah Provinsi NTB siap untuk bersinergi dan mendukung segala upaya yang dilakukan demi kemajuan dan kesejahteraan para anggota Pepabri di NTB,” tambahnya.

Mayjen TNI PURN. Sudibyo, S.IP, M.Ba, yang mewakili Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Pepabri, mengapresiasi terselenggaranya MUSDA ke-XI DPD Pepabri yang berjalan sukses. Ia menyampaikan ucapan selamat kepada Letkol. Inf. Purn Raden Sugondo, M.Ba, sebagai nahkoda baru DPD Pepabri Provinsi NTB periode 2023 – 2028 beserta jajaran. Ke depannya, diharapkan pengukuhan ini menjadi tonggak awal dalam mewujudkan visi dan misi organisasi, dengan keyakinan bahwa semangat kebersamaan dan integritas akan membawa Pepabri NTB menuju tingkat prestasi yang lebih tinggi.