“Inisiatif Multipihak: Pemprov NTB Rangkul Pameran Beasiswa Terbesar Tahun Ini”

Mataram – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah mengambil langkah cepat untuk mempersiapkan lebih banyak calon awardee yang diharapkan dapat meraih beasiswa dari berbagai sponsor atau lembaga pemberi beasiswa. Plt Kepala BRIDA Provinsi NTB, Lalu Suryadi, SP, MP, menjelaskan bahwa pada tanggal 25 November, Pemerintah Provinsi NTB bersama BRIDA NTB, bekerjasama dengan Indonesia Scholarship Center (ISC), LPP NTB, dan Universitas Mataram, akan menyelenggarakan World Indonesia Scholarship Festival (WISH) atau Festival Melek Masa Depan di Auditorium M. Yusuf Abubakar Universitas Mataram.

Kegiatan ini, menurut Suryadi, merupakan festival pendidikan, beasiswa, dan karier terbesar di Indonesia yang melambangkan harapan untuk mewujudkan pemerataan kesempatan beasiswa, pendidikan, dan karier bagi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di NTB.

“Pameran ini direncanakan akan dihadiri oleh 8.000 peserta, terdiri dari mahasiswa, pelajar SLTA/SMK/MA, dan masyarakat. Acara ini akan menghadirkan narasumber dari berbagai perwakilan, termasuk lembaga pemerintah, lembaga luar negeri, lembaga korporasi, yayasan/foundation, organisasi pendidikan, alumni beasiswa, universitas dalam dan luar negeri, dunia usaha, dunia industri, lembaga bahasa, dan lembaga karier,” ungkap Suryadi.

PJ Gubernur NTB, Drs, H. Lalu Gita Ariadi, MSi, menyatakan bahwa pameran beasiswa terbesar ini, yang melibatkan berbagai pihak, adalah bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi NTB untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program beasiswa yang lebih kredibel. Beliau juga menyampaikan dua strategi besar yang sedang disiapkan, yaitu menggandeng mitra kolaborasi yang serius dan mempersiapkan sebanyak mungkin mahasiswa untuk memenuhi kriteria sponsor atau lembaga pendidikan.

Mik Gite menjelaskan, alokasi belanja yang diperuntukkan untuk mendukung beasiswa ini akan berbasis pada kewenangan. Instruksi diberikan kepada Dinas Dikbud untuk mengalokasikan anggaran yang memadai guna peningkatan kapasitas bahasa asing lulusan SMA/SMK agar memenuhi standar TOEFL, IELTS, atau persyaratan lainnya yang ditetapkan oleh sponsor. Upaya ini diharapkan dapat menciptakan generasi emas yang siap membawa NTB maju dan melaju.

Di akhir tanggapannya, PJ Gubernur NTB memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan pameran pendidikan ini. Ajang ini diharapkan dapat memberikan peluang lebih besar bagi calon awardee untuk meraih beasiswa dan meningkatkan potensi SDM di NTB.