“Mendukung Pertumbuhan Ekonomi: Diseminasi Hasil Survei Profil UMKM di NTB”

Mataram – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Nusa Tenggara Barat (NTB) kini memiliki peluang mendapatkan pendanaan melalui pola binaan dari Bank Indonesia BISAID. Keberadaan UMKM dalam database potensial ini menjadi kebanggaan tersendiri, diyakini dapat menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di NTB.

Acara Diseminasi hasil survei database profil UMKM potensial dibiayai (BISAID) Provinsi NTB tahun 2023 dan wisuda Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI) Provinsi NTB Tahun 2023 dibuka oleh Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Fathurrahman, M.Si.

Dalam sambutannya, PJ Sekda menyampaikan bahwa selain persoalan modal, UMKM dihadapkan juga pada tantangan pemasaran. Oleh karena itu, pemerintah Provinsi NTB telah mengambil langkah-langkah, salah satunya dengan menyediakan NTB Mall sebagai wadah untuk mempromosikan produk hasil olahan UMKM, termasuk makanan dan pakaian. PJ Sekda berharap ke depan akan muncul NTB Mall lainnya dengan nama brand sendiri, menciptakan identitas unik untuk produk UMKM NTB.

“Kami lakukan beberapa langkah dalam mempromosikan hasil olahan UMKM, yakni NTB Mall. Dengan harapan ke depan akan hadir NTB Mall lainnya dengan nama brand sendiri,” jelas PJ Sekda.

Selanjutnya, PJ Sekda menyoroti peran Bank Indonesia (BI) dalam memberikan dukungan yang nyata, terutama dalam hal permodalan dan peningkatan kualitas produk UMKM. “Dukungan BI selama ini sangat nyata dalam memberikan bantuan terutama dalam modal dan peningkatan kualitas dari produk UMKM,” tandasnya.

Dalam harapannya, PJ Sekda berexpressi optimis bahwa melalui agenda ini, banyak UMKM yang dapat mencapai kesuksesan. Ia juga mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh tim yang terlibat dalam pelaksanaan survei, dari tim pelaksana hingga para responden, yang dengan kerelaan dan keterbukaan memberikan data dan informasi berharga. Semua ini diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di NTB, khususnya melalui akselerasi dan percepatan UMKM serta peningkatan akses pembiayaan.

“Semoga kedepan dari acara ini akan ada UMKM yang sukses, dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam pelaksanaan acara ini mulai dari tim pelaksana hingga kepada para responden,” tutupnya. Diseminasi hasil survei profil UMKM di NTB menjadi langkah positif untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.