Transformasi Digital Menuju Pelayanan Publik Unggul, Asistensi Penyusunan SPBE di Provinsi NTB

Mataram – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M., bersama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB), menyelenggarakan Asistensi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Daerah Provinsi. Acara ini diikuti oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB, dan berlangsung di Hotel Prime Park Mataram pada tanggal 13 Desember 2023.

Dalam sambutannya, Dr. Najam, sapaan akrab Kepala Dinas tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PAN-RB, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri), Badan Pusat Statistik (BPS), dan semua mitra yang telah mendukung penyelenggaraan acara ini.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KemenPAN-RB, Kemendagri, dan BPS yang telah menjadi mitra pendukung selama ini,” ucap Dr. Najam.

Beliau juga memberikan pesan kepada seluruh peserta untuk bersedia menjadi “gelas kosong” dan mengisi diri dengan pemahaman tentang SPBE sebaik-baiknya. Dr. Najam menyamakan SPBE dengan sebuah rumah besar yang dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat.

“Mari pahami SPBE sebagai rumah besar untuk melakukan pelayanan publik yang lebih baik,” arahan Dr. Najam kepada para peserta.

Kegiatan ini memiliki tujuan utama untuk mewujudkan transformasi reformasi birokrasi, meningkatkan tata kelola pemerintahan secara digital, menciptakan birokrasi yang bersih, efektif, dan berdaya saing, serta memberikan kontribusi dalam pengentasan kemiskinan melalui investasi digitalisasi dan administrasi pemerintahan yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Dengan adanya asistensi dan bimtek ini, diharapkan Dinas Komunikasi dan Informatika di seluruh kabupaten/kota di Provinsi NTB dapat memperoleh pemahaman yang mendalam dalam menyusun SPBE. Transformasi digital ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan publik dan mengakselerasi pembangunan di seluruh wilayah Provinsi NTB.